Selasa, 13 Januari 2009


Perulangan Pada PowerBuilder


Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membahas tentang perulangan. Perulangan yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah perulangan dengan menggunakan do – until dan do – loop – until.


1. do – until
pada perulangan do – until akan melakukan eksekusi sampai kondisi bernilai benar. Jika kondisi telah bernilai benar maka eksekusi akan berhenti atau keluar.

sintak

do until (kondisi)
(statement)

Loop


Contoh

integer a
a=1
do until (a>5)
lb_1.additem("hai")
a=a+1
loop

script diatas akan menghasilkan kata “hai” sebanyak 5 kali

hai
hai
hai
hai
hai

2. do – loop – until
pada perulangan do – loop - until akan melakukan eksekusi sampai kondisi bernilai benar. Jika kondisi telah bernilai benar maka eksekusi akan berhenti atau keluar.

Perbedaan dengan do – until adalah pada do – until pengecekan kondisi dilakukan diawal atau dengan kata lain program akan melakukan perngecekan kondisi terlebih dahuli baru melakukan eksekusi terhadap statement. Sedangkan pada do – loop – until pengecekan kondisi dilakukan di akhir jadi program akan melakukan eksekusi terhadap statement baru melakukan perngecekan kondisi.

sintak

do
(statement)
Loop until (kondisi)
Contoh

integer a
a=1
do
lb_1.additem("hai dian")
a=a+1
loop until (a>5)

script diatas akan menghasilkan kata “hai dian” sebanyak 5 kali

hai dian
hai dian
hai dian
hai dian
hai dian

ok, sekarang kita akan mencoba berlatih membuat sebuah program sederhana yaitu membuat sebuah program untuk memunculkan sejumlah bilangan genap dan bilangan ganjil berdasarkan inputan. Misal kita menginput angka 10 dan kita klik tombol genap maka akan muncul 10 buah bilangan genap, sebaliknya jika kita menginput angka 10 dan kita klik tombol ganjil maka akan muncul 10 buah bilangan ganjil.

Mencari Bilangan Genap
Ok kita mulai
Pertama kita buat sebuah statik text untuk judul dan kita beri judul perulangan. Lalu kita buat sebuah statik text lagi kita beri nama input. Untuk mengisikan nilai atau batas deret kita buat buat lagi sebuah single line edit beri nilai txt_b. Lalu kita buat sebuah list box untuk menampilkan deret / hasil. Setelah itu kita buat sebuah command buttom beri nama GENAP untuk mencari nilai genap.
Setelah desain form selesai di desain kita tuliskan script pada command button genap. Caranya klick dua kali command button genap lalu tulis script berikut:

int a,b,c

b=integer(txt_b.text)
a=1
c=2
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop

jika kita jalankan script diatas maka ketika kita inputkan sebuah nilai pada single line edit dan kita klick tombol genap maka pada list box akan muncul deret angka genap sebanyak nilai yang kita inputkan. Misal kita inputkan angka 5 pada single line edit lalu kita klick genap maka pada list box akan muncul angka 2 4 6 8 10.

Mencari Bilangan GANJIL

Setelah kita berhasil membuat program untuk memunculkan / mencari deret angka genap sekarang kita coba untuk membuat program untuk memunculkan deret angka ganjil. Yaitu dengan cara kita buat sebuah command button dan kita beri nama GANJIL. Setelah itu kita klick dua kali command button tersebut lalu kita ketikan script berikut

int a,b,c

b=integer(txt_b.text)
a=1
c=1
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop

jika kita jalankan script diatas maka ketika kita inputkan sebuah nilai pada single line edit dan kita klick tombol GANJIL maka pada list box akan muncul deret angka ganjil sebanyak nilai yang kita inputkan. Misal kita inputkan angka 5 pada single

line edit lalu kita klick GANJIL maka pada list box akan muncul angka 1 3 5 7 9.

Campuran

Nah ... sekarang kita telah berhasil membuat sebuah program untuk mencari nilai genap dan ganjil. Lalu bagaimana caranya jika kita ingin membuat sebuah program yang jika kita inputkan angka genap maka akan memunculkan deret angka genap sebanyak nilai yang kita inputkan, dan jika kita inputkan sebuah angka ganjil maka yang dimunculkan adalah sejumlah angka ganjil sebanyak nilai angka yang kita inputkan? Misal kita inpukan angka tiga maka akan muncul deret ganjil sebanyak 3 buah 1 3 5. dan jika kita input angka genap misal 4 maka akan muncul deret angka genap sebanyak 4 buah 2 4 6 8.

Untuk membuat program tersebut kita tinggal mengunakan metode pemilihan yaitu dengan menggunakan if – then dan kita kombinasikan dengan perulangan tadi.

Baiklah sekarang kita tambahkan lagi sebuah command button kita beri nama CAMPURAN. Setelah itu kita klick dua kali command button tersebuat lalu kita ketik sctipt sebagai berikiut :

int a,b,c

//GENAP
b=integer(txt_b.text)
a=1
c=2
if (mod(b,2)=0) then
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop
else

//Ganjil

a=1
c=1
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop
end if


coba jalankan program. Lalu kita inputkan angka 4 lalu klick campuran. Lihat apa yang muncul. Lalu kita coba kita inputkan angka 5 lalu klick campuran lihat apa yang muncul.

Selamat mencoba ....


Created by Dian Heryana

Presented to Mr Deny Martha, S.T.

Rabu, 24 Desember 2008

operator


OPERATOR
Pada kali ini kita akan coba membahas tentang operasi aritmatika. Operator aritmatika terdiri dari +, - , x dan / .

Karena sudah malam dan kita pasti mengerti semua tentang operator tersebut maka tidak perlu dijelaskan lagi J. Kita langsung saja ke contoh aplikasi.

Pertama kita Buat sebuah statick text beri nilai mencari nilai jumlah dari 2 buah bilangan. Buat lagi 2 buah statick text beri nilai masing masing nilai 1, nilai 2, hasil. Buat 3 buah single line edit, beri nama masisng masing txt_a, txt_b,txt_nilai, hapus nilainya kosongkan pada tag text properties. Buat sebuah command button control, beri nama cmd_ok, isi text nya dengan “ok”.
Lalu tulis sintak di bawah ini pada command line edit.

int a,b,hasil
//Input Data
a = integer (txt_a.text)
b = integer (txt_b.text)
//Proses Penjumlahan
hasil = a + b
//Proses Tampil Data
txt_hasil.text = string(hasil)

jalankan dan lihat hasilnya …

sekarang coba anda buat command line control lagi dan buat tombol untuk pengurangan perkalian dan pembagian. Selamat mencoba dan selamat malam …

happy new year 2009

Latihan power builder 3 seri pemili


Latihan power builder 3 seri pemilihan
Setelah kita belajar menggunakan IF – THEN dan IF – THEN – ELSE sekarang kita akan mencoba untuk membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan statement IF – THEN – ELSE yang lain, yaitu pemilihan bersarang yaitu dengan:

if (kondisi1) then
(aksi1)
elseif (kondisi2) then
(aksi2)
elseif (kondisi3) then
(aksi3)
else
(aksi4)
endif

dengan menggunakan statement diatas kita bisa memilih atau menganalisa dua atau lebih kasus, dan menentukan aksinya.

Statement diatas berarti bahwa jika kondisi pertama terpenuhi / bernilai benar maka aksi 1 akan dijalankan, dan jika kondisi pertama tidak terpenuhi / bernilai false maka program akan memeriksa kondisi kedua, dan jika kondisi dua terpenuhi / bernilai benar maka aksi2 akan dijalankan, jika kondisi2 juga tidak terpenuhi/ bernilai false maka program akan memeriksa kondisi3. jika kondisi3 terpenuhi maka aksi3 akan dijalankan. Dan jika kondisi ketiga juga tidak terpenuhi maka program akan menjalankan aksi4.

Contoh aplikasi:

Buat sebuah statick text beri nilai mencari nilai terbesar dari 3 buah bilangan. Buat lagi 5 buah statick text beri nilai masing masing nilai 1, nilai 2, nilai 3, nilai 4 dan nilai terbersar. Buat 5 buah single line edit, beri nama masisng masing txt_d, txt_e, txt_f, txt_g, txt_hasil, hapus nilainya kosongkan pada tag text properties. Buat sebuah command button control, beri nama cmd_cari, isi text nya dengan “terbessar”.
Lalu tulis sintak di bawah ini pada command line edit.

Int d,e,f,g,hasil
d=integer(txt_1.text)
e=integer(txt_2.text)
f=integer(txt_3.text)
g=integer(txt_4.text)

if(((d>e) and (d>f)) and (d>g)) then
txt_hasil.text=string(d)
elseif(((e>d) and (e>f)) and (e>g)) then
txt_hasil.text=string(e)
elseif(((f>d) and (f>e)) and (f>g)) then
txt_hasil.text=string(f)
else
txt_hasil.text=string(g)
end if

jalankan aplikasi, isi nilai dengan 2, 5, dan 6, lalu klick tombol terbesar. Perhatikan apa yang terjadi?

dengan cara yang sama anda dapat mencari nilai untuk nilai terkecil

Selanjutnya selamat berkreasi …


latihan power builder

Penyeleksian (IF) II
Statement IF – THEN - ELSE
Pada latihan sebelumnya kita telah membuat aplikasi dengan menggunakan satu buah IF. Pada latihan kali ini kita akan mencoba untuk membuat aplikasi dengan menggunakan statement IF – THEN – ELSE
Statement IF – THEN – ELSE digunakan untuk menganalisa dua buah kasus.

IF (kondisi) THEN
(aksi 1)
ELSE
(aksi 2)
ENDIF

Aksi 1 akan dilaksanakan jika kondisi bernilai benar, tetapi jika kondisi bernilai salah maka aksi 2 yang akan dilaksanakan. Statement “else” menyatakan ingkaran dari kondisi.


Contoh kasus

buat sebuah label dengan statictext, ketik “input nilai” pada propertis text. Buat sebuat singeline edit, berinama “txt_1” pada name nya dan hapus nilai pada text. Buat sebuah command button control, beri nama OK, beri nilai OK pada properties text nya. Lalu pada double klick command line button lalu tulis sintak berikut ini:

if Integer(txt_1.text) = 7 then
MessageBox("Tebakan","Anda Benar Sekali");
else
MessageBox("Tebakan","sorry .. Anda salah")
end if

dengan sintak diatas Jika diisi angka tujuh maka akan tampil pesan “Anda Benar Sekali”, jika dimasukan angka selain tujuh maka menampilkan Sorry ... Anda Salah.
Selanjutnnya silahkan anda berkreasi sendiri …

latihan power builder

Latihan PowerBuilder sederhana

Penyeleksian (IF)
Statement IF digunakan untuk menganalisa kasus dari satu masalah dan akan menentukan keputusan dari suatu aksi, akan dikerjakan jika kondisi atau syarat yang dipasang bernilai benar, dengan kata lain statement IF digunakan untuk memilih dan mengeksekusi perintah tertentu jika sebuah syarat terpenuhi

Macam macam struktur IF

  • Statement IF – THEN
  • Statement IF – THEN - ELSE
  • Statement IF Bersarang

Statement IF - THEN

IF (kondisi) THEN
Aksi
ENDIF

Aksi - - hanya akan dilaksanakan jika kondisi bernilai benar / true, jika kondisi bernilai salah tidak aksi apapun yang dikerjakan
Kondisi – syarat yang dipasang sebagai parameter untuk pengambilan keputusan.
Contoh Aplikasi
buat sebuah aplikasi beri nama latihan 1
buat sebuah label dengan statictext, ketik “masukan nilai” pada propertis text. Buat sebuat singeline edit, berinama “txt_1” pada name nya dan hapus nilai pada text. Buat sebuah command button control, beri nama OK, beri nilai OK pada properties text nya. Lalu pada double klick command line button lalu tulis sintak berikut ini:

if Integer(txt_1.text) = 7 then
MessageBox("Tebakan","Anda Benar");
end if

jalankan aplikasi, masukan satu bilangan, perhatikan apa yang terjadi.

Dengan sintak diatas jika kita isi angka tujuh pada program maka akan tampil pesan “Anda Benar Sekali”, jika dimasukan angka selain tujuh maka tidak akan menampilkan apa apa.
Selamat mencoba semoga berhasil.

Memulai Power Builder 8.0
Langkah pertama untuk memulai power builder adalah:

  • klick menu start all program - sybase - powerbuilder8.0 pilih powerbuilder8.0
  • setelah muncul program Powerbuilder pilih menu file new workspace, untuk membuka workspace baru pilih tab workspace pilih workspace.
  • tentukan folder tempat menyimpan aplikasi yang akan kita buat. Beri nama aplikasi yang akan kita buat misal : latihan atau latihan1. untuk pemberian nama workspace harus dimulai dengan karakter ,
  • setelah workspace terbuat. Selanjutnnya kita akan membuat target caranya, klick menu file à new, pada form new pilih tab target, lalu pilih aplication , untuk membuat aplikasi baru. Beri nama aplikasi pada Application Name, misal ‘latihan’. Lalu Klick OK.
  • Setelah workspace dan aplication terbuat, selanjutnya kita buat objek caranya pilih menu file à new, pada form new pilih tab PB Object à pilih windows lalu klick okAkan muncul tampilan form window yang siap untuk digunakan

Home Again

Bismillah Waktunya pulang.. Alhamdulillah