Perulangan Pada PowerBuilder
Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membahas tentang perulangan. Perulangan yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah perulangan dengan menggunakan do – until dan do – loop – until.
1. do – until
pada perulangan do – until akan melakukan eksekusi sampai kondisi bernilai benar. Jika kondisi telah bernilai benar maka eksekusi akan berhenti atau keluar.
sintak
do until (kondisi)
(statement)
Loop
Contoh
integer a
a=1
do until (a>5)
lb_1.additem("hai")
a=a+1
loop
script diatas akan menghasilkan kata “hai” sebanyak 5 kali
hai
hai
hai
hai
hai
2. do – loop – until
pada perulangan do – loop - until akan melakukan eksekusi sampai kondisi bernilai benar. Jika kondisi telah bernilai benar maka eksekusi akan berhenti atau keluar.
Perbedaan dengan do – until adalah pada do – until pengecekan kondisi dilakukan diawal atau dengan kata lain program akan melakukan perngecekan kondisi terlebih dahuli baru melakukan eksekusi terhadap statement. Sedangkan pada do – loop – until pengecekan kondisi dilakukan di akhir jadi program akan melakukan eksekusi terhadap statement baru melakukan perngecekan kondisi.
sintak
do
(statement)
Loop until (kondisi)
Contoh
integer a
a=1
do
lb_1.additem("hai dian")
a=a+1
loop until (a>5)
script diatas akan menghasilkan kata “hai dian” sebanyak 5 kali
hai dian
hai dian
hai dian
hai dian
hai dian
ok, sekarang kita akan mencoba berlatih membuat sebuah program sederhana yaitu membuat sebuah program untuk memunculkan sejumlah bilangan genap dan bilangan ganjil berdasarkan inputan. Misal kita menginput angka 10 dan kita klik tombol genap maka akan muncul 10 buah bilangan genap, sebaliknya jika kita menginput angka 10 dan kita klik tombol ganjil maka akan muncul 10 buah bilangan ganjil.
Mencari Bilangan Genap
Ok kita mulai
Pertama kita buat sebuah statik text untuk judul dan kita beri judul perulangan. Lalu kita buat sebuah statik text lagi kita beri nama input. Untuk mengisikan nilai atau batas deret kita buat buat lagi sebuah single line edit beri nilai txt_b. Lalu kita buat sebuah list box untuk menampilkan deret / hasil. Setelah itu kita buat sebuah command buttom beri nama GENAP untuk mencari nilai genap.
Setelah desain form selesai di desain kita tuliskan script pada command button genap. Caranya klick dua kali command button genap lalu tulis script berikut:
int a,b,c
b=integer(txt_b.text)
a=1
c=2
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop
jika kita jalankan script diatas maka ketika kita inputkan sebuah nilai pada single line edit dan kita klick tombol genap maka pada list box akan muncul deret angka genap sebanyak nilai yang kita inputkan. Misal kita inputkan angka 5 pada single line edit lalu kita klick genap maka pada list box akan muncul angka 2 4 6 8 10.
Ok kita mulai
Pertama kita buat sebuah statik text untuk judul dan kita beri judul perulangan. Lalu kita buat sebuah statik text lagi kita beri nama input. Untuk mengisikan nilai atau batas deret kita buat buat lagi sebuah single line edit beri nilai txt_b. Lalu kita buat sebuah list box untuk menampilkan deret / hasil. Setelah itu kita buat sebuah command buttom beri nama GENAP untuk mencari nilai genap.
Setelah desain form selesai di desain kita tuliskan script pada command button genap. Caranya klick dua kali command button genap lalu tulis script berikut:
int a,b,c
b=integer(txt_b.text)
a=1
c=2
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop
jika kita jalankan script diatas maka ketika kita inputkan sebuah nilai pada single line edit dan kita klick tombol genap maka pada list box akan muncul deret angka genap sebanyak nilai yang kita inputkan. Misal kita inputkan angka 5 pada single line edit lalu kita klick genap maka pada list box akan muncul angka 2 4 6 8 10.
Mencari Bilangan GANJIL
Setelah kita berhasil membuat program untuk memunculkan / mencari deret angka genap sekarang kita coba untuk membuat program untuk memunculkan deret angka ganjil. Yaitu dengan cara kita buat sebuah command button dan kita beri nama GANJIL. Setelah itu kita klick dua kali command button tersebut lalu kita ketikan script berikut
int a,b,c
b=integer(txt_b.text)
a=1
c=1
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop
jika kita jalankan script diatas maka ketika kita inputkan sebuah nilai pada single line edit dan kita klick tombol GANJIL maka pada list box akan muncul deret angka ganjil sebanyak nilai yang kita inputkan. Misal kita inputkan angka 5 pada single
int a,b,c
b=integer(txt_b.text)
a=1
c=1
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop
jika kita jalankan script diatas maka ketika kita inputkan sebuah nilai pada single line edit dan kita klick tombol GANJIL maka pada list box akan muncul deret angka ganjil sebanyak nilai yang kita inputkan. Misal kita inputkan angka 5 pada single
line edit lalu kita klick GANJIL maka pada list box akan muncul angka 1 3 5 7 9.
Campuran
Nah ... sekarang kita telah berhasil membuat sebuah program untuk mencari nilai genap dan ganjil. Lalu bagaimana caranya jika kita ingin membuat sebuah program yang jika kita inputkan angka genap maka akan memunculkan deret angka genap sebanyak nilai yang kita inputkan, dan jika kita inputkan sebuah angka ganjil maka yang dimunculkan adalah sejumlah angka ganjil sebanyak nilai angka yang kita inputkan? Misal kita inpukan angka tiga maka akan muncul deret ganjil sebanyak 3 buah 1 3 5. dan jika kita input angka genap misal 4 maka akan muncul deret angka genap sebanyak 4 buah 2 4 6 8.
Untuk membuat program tersebut kita tinggal mengunakan metode pemilihan yaitu dengan menggunakan if – then dan kita kombinasikan dengan perulangan tadi.
Baiklah sekarang kita tambahkan lagi sebuah command button kita beri nama CAMPURAN. Setelah itu kita klick dua kali command button tersebuat lalu kita ketik sctipt sebagai berikiut :
int a,b,c
//GENAP
b=integer(txt_b.text)
a=1
c=2
if (mod(b,2)=0) then
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop
else
//Ganjil
a=1
c=1
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop
end if
coba jalankan program. Lalu kita inputkan angka 4 lalu klick campuran. Lihat apa yang muncul. Lalu kita coba kita inputkan angka 5 lalu klick campuran lihat apa yang muncul.
Selamat mencoba ....
Untuk membuat program tersebut kita tinggal mengunakan metode pemilihan yaitu dengan menggunakan if – then dan kita kombinasikan dengan perulangan tadi.
Baiklah sekarang kita tambahkan lagi sebuah command button kita beri nama CAMPURAN. Setelah itu kita klick dua kali command button tersebuat lalu kita ketik sctipt sebagai berikiut :
int a,b,c
//GENAP
b=integer(txt_b.text)
a=1
c=2
if (mod(b,2)=0) then
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop
else
//Ganjil
a=1
c=1
do until (a>b)
lb_1.additem(string(c))
a=a+1
c=c+2
loop
end if
coba jalankan program. Lalu kita inputkan angka 4 lalu klick campuran. Lihat apa yang muncul. Lalu kita coba kita inputkan angka 5 lalu klick campuran lihat apa yang muncul.
Selamat mencoba ....
Created by Dian Heryana
Presented to Mr Deny Martha, S.T.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar